Sabtu, 12 Januari 2013

SARI YOK KOESWOYO




Louisa Herning Hapsari atau kemudian dikenal dengan nama Populer sebagai SARI YOK KOESWOYO adalah putri pertama dari Koesroyo (YOK) Koeswoyo & Maria Sonya Tulaar yang meninggal dalam suatu kecelakaan lalu-lintas di Bogor-thn 1973. Petaka yang menimpa keluarga Yok sangat membekas dihatinya sehingga menuliskan lirik lagu 'Maria' yang merintih menyiratkan kedukaan kehilangan istri yang sangat dicintainya. Beruntungnya Sari mengalami luka ringan sementara adiknya Angga Yok Koeswoyo mengalami patah tulang dikaki dan Yok sendiri alami luka yang parah saat itu.

Tahun 1976 adalah kemunculan Sari Yok Koeswoyo yang merengek minta menyanyi mengikuti sepupunya' Chicha Koeswoyo' yang populer lewat album Helly, Saripun melempar album Perdananya 'Kemarau/cipt.Djon Koeswoyo dan sungguh diluar dugaan album ini langsung meraih Golden Record dan mengangkat nama Sari Yok Koeswoyo di Puncak kePopuleran sebagai penyanyi anak2 membayangi Chicha Koeswoyo dan Yoan Tanamal dimasanya. Berturut2 Sari Yok Koeswoyo hadirkan album2 seperti: Jam Dinding/cipt.Djon &Yok Koeswoyo (vol.2), Paman Bloon/cipt,Yok Koeswoyo (vol.3),Main Tali/cipt.Yok Koeswoyo (vol.4), Kijang/cipt.Yok Koeswoyo(vol.5), Pesan Ibu/cipt.Nomo Koeswoyo (vol.6), sayangnya album-album Sari Yok Koeswoyo tidak mampu menandingi laris dari album perdananya.
Walaupun demikian pamor Sari Yok Koesyoyo tidak pernah pudar karenanya dan selalu hadir album persembahannya seperti album Operet yang diprakarsai oleh Ira Maya Sopha dengan Cinderellanya maka Sari Yok Koeswoyo juga tak ketinggalan melempar album operet seperti ' Bawang Merah & Bawang Putih, Putri Bintang, begitulah Sari Yok Koeswoyo yang cantik dan berambut panjang tak pernah pudar aura kecantikan dan kepopulerannya sebagai penyanyi anak-anak dan selalu kreatif melempar album karena ditopang orang2 yang mencintainya dari dinasty Koeswoyo tentunya. Sari Yok Koeswoyo adalah salah satu penyanyi yang tidak berambisi untuk dipasangkan dengan penyanyi pria anak-anak yang saat itu selalu menjadi ajang perlombaan untuk berDuet dengan Adi Bing Slamet , malah sebaliknya Sari Yok Koeswoyo justru malah memilih berDuet bersama sang Adik ‘Daniel Rangga Panji’ atau dikenal dengan nama Angga Yok Keswoyo hasilkan album 'Saya Sama Papa, Saya Sama Mama & Berlari-lari/cipt.Vega Koeswoyo, album ini juga bombastis hampir setiap hari di televisi muncul mengisi jedah di acara Siaran Niaga di TVRI adalah televisi satu2nya dimasa itu.

Akhirnya Yok Koeswoyo menambatkan pilihan hatinya kepada seorang gadis bule berdarah Francis bernama Michelle Beguin yang dikenalkan Ninoek Koeswoyo adik perempuannya, mereka menikah pada’ November 1977 dan sangat bahagia karena Michelle adalah benar2 seorang ibu yang merawat Sari & Angga sebagai anak kandung sendiri dengan CINTA tanpa membedakan si ANAK TIRI atau si IBU TIRI. Kecintaan Sari Yok Koeswoyo kepada Ibunya ditunjukan dengan mengajak bernyanyi Duet lewat album Adik Yang Lucu/cipt.Amir Vega Koeswoyo, sepertinya Sari Yok Koeswoyo vacum berTralala-Tralili karena perubahan suaranya yang jelang akil balik menghentikan aktivitas seni suara dan melanjutkan sekolahnya hingga tuntas.

Menyambut tahun 80’an, secara mengejutkan Sari Yok Koeswoyo muncul dengan persembahannya pada abum ‘Malu- malu Mau/cipt. Usman (vol.1) dan melanjutkan di album ‘ Genit Akh Kamu/cipt. Murry (vol.2), Sweet Bali dan muncul kembali atas persembahannya Pilih Yang mana/cipt.Usman (vol.3) dan Sari Yok Koeswoyo juga sempat melempar album Pop Dangdut yang sempat Boming album Chicha Koeswoyo dalam Rama & Shinta/cipt.Sonny M, Saripun ikut latah mengikuti ajakan produser dan menurutnya sempat dibuat menangis dan mengakui sebagai album yang tersulit baginya. Sayangnya kembali Sari yok Koeswoyo yang sangat menguasai bahas Nenek Moyangnya Jawa maupun Francis dan Inggeris ini sudah enggan muncul sebagai seorang Biduan dan lebih memilih menjadi ibu rumah tangga mengurus anak-anaknya sehingga akhirnya kandas juga mahligainya dan sampai akhirnya Sari Yok Koeswoyo kabar terakhirnya sudah menikah kembali dengan seorang pria Bule dan diboyong ke negara asal sang suami.
Sementara Angga Yok Koeswoyo sudah tenang di alam sana dan sebelum ajal menjemput, sempat membuat Group Band bernama’KOES JUNIOR’ dan melempar album al: ‘Generasi Cuweq/cipt.Harry Caas (vol.1) dan Proklamator Soekarno/cipt.Angga Yok Koeswoyo (vol.2) adalah cikal bakal berdirinya Group JUNIOR yang digawangi oleh David Koeswoyo & Rico Murry menandai dengan album Bujangan/cipt.Murry sebagai sapaan akhir tahun 90’an tepatnya tahun 1997.. Sejujurnya, saya Jose Choa Linge sangat bangga dengan Perjalanan karir Dynasti KOESWOYO sampai kapan dan bagaimanapun keharuman NAMAnya tak pernah akan terkikis oleh waktu akan menjadi LEGENDA untuk Musik, bangsa dan Indonesianya...Merdekaaaaaaa!!

4 komentar:

  1. Pokonya Informasi seniman di sini gudangnya.....Sukses Bang Jose....

    BalasHapus
  2. Terimakasih atas pujiannya mas Doe2h Jayconiah.... Amin3X
    Semoga, kita semua diberkahi kesehatan dan Umur.. sukses juga bersamaMu, Amiiiin

    BalasHapus
  3. Sebagai penggemar sejati Koes plus sejak volume 8 say pingin melihat fotonya mbak Sonya, kalau ada yg punya

    BalasHapus
  4. Hai. Aku ingin mendowloud kisah bawang merah bawang putih dong trmksh

    BalasHapus