Sabtu, 25 Juli 2015

DEWI ROSARIA INDAH






DEWI ROSARIA INDAH
.
=============================
Penulis: Jose Choa Linge.

 Kelahiran Jakarta 24 juni 1962 adalah anak ke 'dua' dari 'tiga' bersaudara,  terlahir dari kedua orang tuanya ‘Alm. Soedjarwo dan Alm.Sevihara’, ibunya dikenal sebagai Produser Film dan menghasilkan produksi Film ‘Cinta Pertama, Dewi,Karmila,dll.  Semasa kecilnya sangat ingin menjadi Pragawati dan Pramugari pesawat terbang dan sangat menyenangi dunia Teater, sehingga sempat mengumpulkan sesama sahabat2 Artis cilik untuk bermain Teater dan menamakan kelompoknya ‘TEATER  A’ antara lain: Andy Carol, Dina Mariana, Atik Pasono, Sherly Malinton, Santi Sardi, Amalia Hadi, Pungky Pusponegoro, Atok Sudjarwadi, Ramos, Iking, Noor Cahya, Bulan Surawidjaya. Ke ‘tiga belas’ artis-artis cilik ini berkumpul di kediaman Dewi Rosaria Indah, Jl.Cilosari No.33 -Jakarta- Pusat, mereka menggagas untuk mengadakan kelompok grup Teater anak-anak yang hanya beranggotakan pemain film anak-anak saja dan misinya adalah hasil dari pementasan akan disumbakan pada kegiatan sosial(BaskSos).  Kelompok ‘teater A’ dibantu para pakar-pakar seni dijamannya seperti: ‘Sutjahjono (kerua), Mas Yono, Bunga Cumbuan Sriwijaya (Sekretaris), Ade Sudjarwo, Buyung Erwinsyah, Ronald, Edwin Karyawan & Susi Sudjarwo. Dewi mengungkapkan ’bahwa seorang artis film jangan hanya bisa bermain film saja, tapi juga harus mengerti dasar-dasar akting, seperti yang penulis kutip di harian KOMPAS, edisi Jum’at 28 November 1975.
 
‘Dewi Rosaria Indah’ kecil sering ikut bermain Drama di kelompok Sandiwara pimpinan ‘ Kak Yana’, berawal dari sinilah banyak produser mengajaknya bermain film dan Film RINA/ Sutrd.Abubakar Djunaedi-1971 adalah debutnya di dunia akting.    Kemudian berakting di film ‘Deru Campur Debu/Sutrd.Sisworo Gautama-1972 & lewat film keTiganya 'Pemberang/Sutrd.Hasmanan-1972  meraih Piala Citra sebagai Aktris Cilik terBaik tahun 1973.  Film dimana dia menjadi sangat penomenal adalah saat bersama dengan 'Faradilla Sandy' memerankan dua bersaudara sebagai 'Netty dan Susi' terAniaya, terTindas dan terUsir dari rumahnya yang harus menggelandang diluar rumah terlunta-lunta dijalanan. Film 'Ratapan Anak Tiri', besutan Sutradara Sandy Suwardi Hasan-1973’, disebut-sebut sebagai pelopor film-film yang berurusan Air Mata dijamannya. Film Ratapan Anak Tiri (RAT) memberi sejarah baru  bagi sineas lain membuat film sejenis yang mencoba menguras air mata penonton film indonesia dengan menampilkan pemeran anak-anak dengan tokoh dewasa yang hitam putih dan abu-abu.  Nama Dewi Rosaria Indah dan Faradilla Sandi maupun Tanty Josepha menjadi Populer karenanya.  Sayangnya pada film skedul Ratapan Anak Tiri (RAT) 2, ‘Dewi Rosaria Indah’ sudah tidak kita temukan sebagai tokoh ‘Netty’, dikisahkan meninggal diracun oleh ibu tirinya yang diperankan oleh ‘Paula Romokoy’ dan menurutnya film skedulnya malah dia tidak tahu saat penulis menanyakan dan hanya menjawab ‘mungkin memang harus begitu ceriteranya, tokoh Netty harus mati’.
Kehebatan nama Dewi Rosaria Indah’ sangat diperhitungkan di Dunia Film Indonesia dan masuk  deretan  sebagai Bintang Film Cilik berprestasi mendapatkan penghargaan di bidangnya seperti sajawatnya, Astri Iivo, Andy Carol, Rano Karno, Faradilla Sandy, dll. Ketika kembali penulis memancing dengan pertanyaan ‘dari semua fim-film yang dibintangi yang paling berkesan di film apa..?’, menurutnya ‘saya menganggap semua film-film yang saya perani sangat berkesan’. Lihatlah aktingnya disejumlah film-film ini ‘Bapak Kawin Lagi/Sutrd.Lilik Sudjio-1973, Si Doel Anak Betawi/Sutrd.Sjuman Djaya-1973, Dewi/Sutrd.Ami Prijono-1974,  Kemasukan Setan/Sutrd.Wim Umboh-1974 dan menutup Tangisan Ibu Tiri/sutrd.Yung Indrajaya-1974. Khusus di Film ‘Tangisan Ibu Tiri & Si Doel Anak Betawi’,  ‘Dewi Rosaria indah’ banyak bermain dengan pemain anak-anak yang sebaya dirinya, seperti: Rano Karno, Atik Pasono, Tino Karno, Atok Sudjarwadi, dll, Dewi ‘mengatakan adalah sangat berbeda karena dunia kami dunia anak-anak, disaat kami syuting kami kembali serius mengikuti perintah sutradara dan bila saat istirahat kami kembali bermain selayaknya anak2 berlari-larian dan berkejara-kejaran & main masak-masakan maupun bermain tali bagi anak perempuan’.

Dewi Rosaria Indah, kemudian masih muncul sebagai sang pembela siDoel yang diPerankan Rano Karno lewat film ‘Si Doel Anak Betawi atau sebagai Anak bandel dan bersikap jumawa bersama Emillia Contesa & Atik Pasono’ memerankan film 'drama' dimana mencoba memutar balikkan fakta bahwa  tidak semua Ibu Tiri itu jahat seperti penggambaran lewat 'Tangisan Ibu Tiri' dimana dia sebagai tokoh ‘antagonis’ yang selalu mencoba mencederai ibu tirinya yang diperankan  Dewi Reynette’ .  Begitupula  peran sebagai anak yang kemasukan Roh hasil rekayasa skenario 'Wim Umboh' yang pernah sukses menggarap film tema Horor berjudul 'Dikejar Dosa'. Adalah film 'Kemasukan Setan', dimana sosok Dewi Rosaria Indah yang kesehariannya centil dan menggemaskan ini sudah harus berakting yang menurut saya adalah akting tersulit dari Dewi.  Bayangkan usianya yang baru 'sebelas' tahun, sudah harus menjadi seorang yang kerasukan setan, teriak-teriak, jumpalitan dan menjadi sosok pembunuh...?, Dewi berhasil memerankan seperti yang digambarkan oleh sutradara  Lukman Hakim Nain sehingga film ini diumpat sebagai peniru atau menjiplak peran Linda Blair lewat film The Exorcist.

Akhirnya ‘Dewi Rosaria Indah’ sudah bertekad  untuk meninggalkan seni peran saat sudah memasuki usia 14-15tahun dan sudah duduk diBangku SMP, aktifitasnya sebagai anak sekolah  menyita waktunya di film sehingga memuruskan untuk meninggalkan dunia akting yang sudah membesarkan namanya. Dan benar-benar nama ‘Dewi Rosaria Indah’ tak pernah lagi kita temukan kehebatan aktingnya dan penulis sempat bertanya-tanya tentang munculnya nama ‘Dewi Rosaria Indah’ di film ‘Jhosua Oh Joshua/sutrd. Eduart P Sirait- Thn.2000’.
Secara mengejutkan, dewi Rosaria Indah muncul memerankan sosok ibu Guru lewat film Joshua Oh Joshua, film dimana adalah pemunculannya sejak sekian lama vacum dan langsung beradu akting bersama Desy Ratnasari, Anjasmara dan tentunya si bayi ajaib Joshua Suherman. Dewi tidak menampik bahwa memang dialah ikut berperan dan dia sedikit menceriterakan awal kemunculannya kembali setelah ‘libur’ selama ‘dua puluh enam tahun’  berawal  “ pada waktu aku ditawarin main film oleh sutradara ‘Eduart P Sirait yang dulu juga pernah jadi astrada nya om Wim (Wim Umboh).. terus aku mau juga coba-coba lagi serelah sekian tahun gak pernah ketemu camera..hehehehehe”.

Alhamdulillah, rasa penasaran dan kerinduan kita terhadap sosok peran sebagai kak Netty, sudah terobati karena rupanya Dewi Rosaria Indah kini sudah menampakan diri di ruang ‘SosMed- Fesbuk’ dan penulispun menjadi saksi tercerusnya REUNI yang diPrakarsai oleh ‘Shirley Malinton’ untuk berkumpul sebagai ajang ‘Temu Kangen’ di Resto Seroeni-Pondok Indah 3 pada Sabtu, 4 April 2015 dan menghadirkan ‘Astri Ivo, Jessy Gusman, Dewi Rosaria Indah, Dina Mariana, Atik Pasono, Pungky Pusponegoro, Andy Carol, Eddy Martin, Iking, Noor Cahya, Dimas Pusponegoro + Jose Choa Linge & kemudian Dewi Irawan maupun Santi Sardi ikut bergabung di group WA (WhatsApp) menggunakan nama ‘Alumni ACR (Artis Cilik & Remaja). Oh iya saat bincang-bincang dipertemuan tersebut,  penulis masih penasaran menanyakan soal keterlibatannya di dunia recording  dan membenarkan saat itu  pernah menerima pinangan dari Recording Gelora Seni menggarap Album Sanggar ceritera 'Kisah 1001 Malam serie: Kipas Ajaib' dan setelahnya Dewi Rosaria Indah benar-benar mengucapkan Sayonara di film.
Kini Dewi Rosaria Indah menjadi ‘single parent’ setelah ditinggal pergi suami tercinta ‘Alm.Ridwan Wiranatakusumah’ pergi untuk selamanya  dan hasil pernikahannya sudah melahirkan ‘tiga’ putra-putri bernama: ‘SHILA/ Sudah Menikah dan memberinya ‘dua’ cucu,  RANGGA/sudah menikah & sudah memberinya ‘satu’cucu &  si Bontot RIDHO/masih Kuliah. Di ceriterakannya bahwa dirinya  merasa sangat-sangat happy dengan kehadiran ke ‘tiga’cucunya yang sedang lucu-lucunya, mereka adalah:  ‘Radya, Sabira & Raidirga’ dan menimpali bahwa dirinya tidak pernah tertutup untuk kembali didunia yang pernah membesarkannya, justru kebalikannya para media dan dunia entertaintlah yang sudah menutup buku padanya, hehehehehehe... ujarnya.  Menutup pertemuan ini bersama penulis, ‘Dewi’ menyampaikan harapannya ‘semoga Film Indonesia semakin berjaya, tidak saja di negeri sendiri tapi juga merambah di negara luar seperti masa keEmasan film-film Indonesia dimasa lalu dengan para sineas Senior yang sudah mendahului kita...Semoga para Tokoh-tokoh Film yang sudah wafat, khusnul khotimah..Amin. Akhir kata ‘dewi’ ingin mewujudkan rasa rindunya kembali menyentuh dunia film sekedar melepas kangen dan rindu ke para penggemarnya yang masih menunggunya dan masih sebagai Dewi Rosaria Indah yang sekarang sudah oma-oma.... Amin.







7 komentar:

  1. Salam sama tante rosaria ya...sempat liat filmnya diputar di rcti pas q masih kecil judulnya ratapan anak tiri...

    BalasHapus
  2. Akan disampaikan @Andre Hantana, Film Ratapan Anak Tiri adalah film yang sangat luar biasa populernya dimasa tahun 70 an, dan mbq Dewi Rosaria Indah terakhir masih main di film Joshua oh Joshua loooh

    BalasHapus
  3. Akan disampaikan @Andre Hantana, Film Ratapan Anak Tiri adalah film yang sangat luar biasa populernya dimasa tahun 70 an, dan mbq Dewi Rosaria Indah terakhir masih main di film Joshua oh Joshua loooh

    BalasHapus
  4. Aq suka bgt kalo mengupas artis era 60/70/80/90 perbanyak mas liputan aŕtis film musik model musisi dsb pokoknya yg berbau jadul kangen kabar mereka request artis yg dah gak pernah nongol lagi atau yg sudah legend tp yg gak ada kabar di teve makasih

    BalasHapus
  5. trims informasinya...sdh lama banget sy mencari berita ttg Dewi rosaria...soalnya waktu dulu kecil aku suka nonton film-filmnya. mana foto foto dewi...kalao ada posting donk....trims

    BalasHapus
  6. mas Agung..bisa intip akun FB (FaceBook) a/n. Jose Choa Linge.. info2 maupun foto2 lengkap dengan artis2 lainnya..

    BalasHapus
  7. Chacha... Bila mau melihat lengkapnya berita2 Artis yang dulu ada dan sampai sekarang masih ada di fikiran kita, bisa intip FaceBook saya a/n. Jose Choa Linge dan Jose Choa Linge 2, info terlengkap ada disana tentang artis2 yang difikirkan... monggo

    BalasHapus