Jumat, 15 Februari 2013

TRIO VISCA




Kelompok TRIO VISCA, terdiri dari tiga bersaudara ‘Winny (28 Agustus 1947), Ria (7 November'1948) & Widyawati (12 Juli 1950)’ dari orang tua ‘Aryati & Adisura’ yang sangat mencintai dunia seni. Ide awal terbentuknya Trio ini adalah seringnya mereka berkumpul bersama saat rayakan hari-hari besar ‘Lebaran dan acara ‘keluarga lainnya, ketiga bersaudara ini selalu diminta unjuk kebolehan didepan orang tua dan para kerabatnya untuk bernyanyi.

Lagu yang didendangkan adalah milik album Koes Bersaudara yang pada masa itu sangat digemari lagu2nya, seperti ‘Dara Manisku, dll. Suatu hari ibu Aryati berucap kepada ke tiga anak2nya ‘kenapa kalian tidak lebih serius’, atas dorongan ibu Aryati inilah yang memberi lampu hijau kepada anak2nya untuk terjun lebih profesional berkesenian dan akhirnya memulai langkahnya dari panggung ke panggung dan sering menghibur para Prajurit dimasa G 30 S PKI hingga akhirnya baru menyebrang di TVRI dan atas anjuran kakak Tertua 'Winny sehingga nama Trio Keluarga ini di Tasbihkan menjadi 'Trio VISCA'.

Trio Visca sendiri diambil dari zodiac masing-masing para personilnya, dimulai dari putri tertua ‘Winny/Virgo (suara II), kemudian putri keDua ‘Ria/Scorpio (suara III) & si Bontot ‘Widyawati/ Cancer (suara I). Album PH yang dikeluarkan dimasa thn.1967/1968, adalah 'Black Is Black‘ dan sempat menduduki urutan Tangga Lagu Radio pada masa itu lagu ‘Cempaka, Putus Di Ujung Tahun, Cinta Kasihku'. Album ini cukup digemari para pecinta musik Indonesia dan memberi warna baru Trio dimasa itu. Sayangnya sejak ‘Widyawati Sophiaan banting stir menjadi Bintang Film, kemudian ‘Winny Prastyo’ melanjutkan kuliah di IKJ dan ‘Ria Likumahua’ memilih bekerja di Bali Beach, maka pupuslah sudah harapan para pencintanya untuk berharap muncul album keDuanya dan benar-banar sebagai album perTama dan terAkhir.

Trio Visca, terakhir berReuni kembali bersama Komunitas Musik 60-70-80an di TVRI-2011 yang diprakarsai Alm.Moteh Mokoginta,Aida Mustafa & Sys NS 'dua' tahun lalu, kelompok ini masih terlihat fasih bernyanyi dan berlenggok memberi kejutan dan surprise kepada para pecintanya sejak vakum 45tahun silam dan adalah sajian luar biasa dari mereka setelah lama tak muncul untuk kita berikan aplaus atas kehadirannya disaat umur sudah senja sebagai pembuktian bahwa usia tak menghalangi kembali menyapa penggemarnya yang lama menantinya.

Trio ini tidak benar-benar mati dan bukan hanya menjadi bagian dari kisahnya bahwa Trio Visca pernah membuat sejarah tapi Trio ini masih selalu merindukan muncul, namun kesempatan belum berpihak padanya karena mereka sadar masanya sudah berakhir. Biarlah Trio Visca, menjadi ceritera kisah perjalanannya di masa lalu dan selalu akan menjadi catatan di musik Indonesia tertulis tinta emas keberadaannya dimasa sekarang.... Amin.

2 komentar:

  1. terimakasih, menambah wawasan saya sebagai pencinta musik jadul, walau pada saat itu saya belum lahir :)

    BalasHapus
  2. thank untuk infonya, sy sangat mengagumi sosok ibu Widyawati

    BalasHapus