Selasa, 17 Juli 2012

ELLYA KHADAM

ELLYA..atau ELLYA AGUS atau ELLYA M HARIS atau ELLYA KHADAM atau nama lengkapnya Siti Alya Husnah, adalah orang yang sama seorang seniman besar dan meLegenda dan tak pernah tersingkirkan keharuman namanya sebagai tonggak musik dangdut hingga saat ini. Kiprahnya di dunia musik Melayu, disebut2 sebagai 'Pionir' musik Dangdut yang sebenar2nya dgn kata lain bukan Rhoma Irama atau Elvy Sukaesih sbg pencetusnya.

Kisah Kepedihan perjalanan Rumah Tangganya disaat Remaja dgn predikat sudah harus 'menJanda' saat diusia yang sangat belia mengharuskan dia merobah nasib untuk menjadi 'seutuhnya' menapaki jalan yang layak walau pertentangan dikalangan keluarga tak membuatnya getir melawan arus dan cemooh bhw seniman adalah perempuan yang dicap sbg perempuan tanda 'kutip'. Dukungan banyak seniman spt: Adi karso & Munif B yang meluruskan langkahnya sebagai penyanyi dimasa thn.1957 dan Ellya sendiri tak menduganya bhw dari penyanyi kampung bisa membuatnya naik keperingkat penyanyi Nasional. Lagu ciptaannya, Boneka Dari India membuat namanya melaju tanpa banyak lika-liku seperti perjalanan kehidupannya untuk menjadi Fenomena sebagai Ellya sipenyanyi India yang sering diintipnya para artis India seperti: Meena Kumari, Madhubala, Hema Malini, Rekha, Zee Aman, Jaya Baduri yang berjaya menguasai Bioskop2 Indonesia selain film2 P Ramli. Katanya 'Ellya lebih nyaman menggunakan pakaian ala India lengkap dengan Sari dan aksesorsnya atau tahi lalat di dahi', dari pada diharuskan bernyanyi tanpa menggunakan aksesori kebesarannya adalah sudah menjadi 'trade mark' Ellya si Boneka India dari Indonesia.

Lagu ciptaan lainnya seperti: Pergi Tanpa Pesan,Termenung, Pengertian, dll menjadi rebutan artis Pop maupun Melayu dijaman era 60 s/d sekarang seperti penyanyi: Lilis Suryani, Emillia Contessa, Iis Dahliah adalah penyanyi yang pernah membawakan lagu2nya. Perjalanan kehidupannya yang menikah berkali2 dan berkali2 pula mengganti nama belakang suaminya tak membuat pudar namanya bahkan semakin 'mengkilap' terasah karena suami2nya adalah motivatornya dalam berkarya tidak saja sebagai penyanyi dia juga sebagai Komposer dan Pemain Film yang berjaya dimasa thn 1958 s/d 1978.. Bulan November 2009 adalah berita yang sangat menyesakkan dada betapa tidak, berita ini datang dari keluarga sang Legenda Ellya Khadam diusia 81thn telah pergi meninggalkan banyak kenangan bersama Musik dan keharuman namanya untuk selalu dicatat sejarah menjadi 'Legenda' musik Melayu atau Dangdut.

2 komentar:

  1. Apakah Elya dapat dikatakan pioner Dangdut sedangkan lagu-lagunya adalah saduran dari musik India?
    Lagu BONEKA INDIA yang sering dikatakan sebagai tonggak awal lagu Dangdut, menurut Munif Bahasuan, ternyata hanya saduran dari lagu India.
    Era akhir 60'an hingga 70'an musik Melayu sebagian besar lagu-lagunya menyadur dari musik India, bahkan OM. Purnama tidak beda, termasuk OM. Elsitara grup milik Ellya.

    BalasHapus