Senin, 16 Juli 2012

TITI QADARSIH & SALANTI SISTERS







TITI QADARSIH...

Satu lagi perempuan hebat dan 'serba bisa' yang tidak dipunyai oleh artis indonesia lainnya, seabrek kegiatannya semasa muda hingga saat sekarang ini sebagai Penyanyi,Ballerina,Dubber, Pragawati,Teater, Model,Tari,Bintang Film, Operet,Sinetron, baca Puisi,Melukis, dllsbgnya. Terlahir diKediri,Jawa Timur,22 September 1945 dari kedua orang tuanya 'Muhammad Sardjan (Mantan Mentri Pertanian masa ORLA priode 1951-1959) dan ibu Mustariati' yang melahirkan putra putri 'sebelas' orang yang semua penyuka seni, sayangnya yang tetap eksis berjaya diseni hanya 'dua' orang yaitu Titi Qadarsih dan Sally Sardjan (The Singers).

Tahun 1965, Titi Qadarsih bersama Sally Sardjan dan Alm.AnieTjokro (istri dari pak Hidayat Mentri Prindustrian) muncul dgn bendera 'Trio Salanti atau Salanti Bersaudara adalah gabungan nama bertiga  (SAL)ly Sardjan, (AN)nie Tjokro, (TI)-ti Qadarsih hasilkan album PH 'Pitik Cilik,Ibu dan Candra Ne Adikku,dll, kemudian Titik Qadarsih berSOLO karir dr tahun 70-90an dengan sejumlah album2nya al: 'Om Yance,Gadis Twigy, Masa Liburan (bersm.'Sandra Dewi),Timun Emas (bersm.Chicha Koeswoyo Kesuma, Tanda Tanya,Kenangan Untuk Gombloh,Kutebus Cintamu,dll'. Tahun.70an nama Titi Qadarsih tidak pernah lepas dari dunia lenggak lenggok sebagai Pragawati dan sejumlah nama besar lainnya seperti 'Sumi Hakim,Fauzan Ramon,Ruth Plupessy,Nani Sakri,Rima Melati,Rahadian Yamin,Doddy Hickel' adalah nama2 yang berjaya dimasanya tidak saja di Indonesia tapi sampai ke dunia Eropa bersama IMA (Indonesia model Agency) pimp.Rima Melati.

Tahun 1966 adalah masa debutnya diseni peran sebagai pelakon dari film 'Hancurnya Petualangan, Dibalik Cahaya Gemerlapan, Wajah Seorang Laki-Laki,Bulu2 Cendrawasih,Rumah Pondok Indah, dan penghargaan sebagai Nominasi Pemeran Pembantu utama FFI-1882 untuk film Jangan Ambil Nyawaku' dan peran nenek di Sinetron 'Ondel-Ondel Cinta Untuk Marsya',dll.

Titi Qadarsih adalah termasuk 'lima' besar sebagai Dubber terMahal dimasanya bersama 'Rosalina Oscar,Maria Oento &Nugraha', peran Christine Hakim difilm Cinta Pertama adalah seorang Titi Qadarsih yang menghantarkan Piala Citra FFI-1974 sebagai Aktris Pemeran Utama, demikian pula nama 'Gombloh' menjulang sebagai penyanyi karena sosok Titi Qadarsih rela menari2 sbg model klip untuk lagu 'Kugadaikan Cintaku' di Radio.. Titi Qadarsih, mulai mengenal dunia Teater saat bergabung di Teater POPULAR/pimp.Teguh Karya-1968-1977 dan kemudian hijrah ke Teater KOMA/Pimp. N Riantiarno-1977-1990.

Pengalaman pahit akan 'Narkoba' yang pernah mengalami masa 'Traumatik' baginya, betapa miris hati seorang ibu menemukan anaknya 'Indra(mantan Slank)Qadarsih' ketergantungan 'barang jadah' harus diberantas, sehingga sampai hari ini masih tercatat sebagi anggota GRANAT (Grakan Anti Narkotik) & HIV dan organisasi seabrek lainnya yang peduli lingkungan hidup.

Titi Qadarsih, diusianya memasuki 69tahun (1945-2014)sepertinya tak pernah berhenti berkarya, lihatlah cabang sekolah model TQ dan sekolah Kepribadian sudah tersebar diMall-mall di Jabodetabek seperti baru2 ini hadir di daerah Pemulang dan bagi yang berminat putra-putrinya menimba ilmu Model dan Pragawati bisa menhghubungi nomer tlp.021-26120942 langsung diterima oleh Titi Qadarsih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar