Senin, 16 Juli 2012

MAYA ANGELA






MAYA ANGELA..

Namanya RR. Maya Suryaningsih, sejak kecil sudah berani malu tampil didepan para teman2 sekelasnya dan menjadi bulan2an gurunya sebagai bintang penyanyi depan kelas, Maya kecil sll mendapat jatah bernyanyi didepan kelas dimasa itu.

Dimasa tahun.1980an, secara profesional Maya sudah ikut Lomba-lomba bernyanyi, bahkan pernah menjuarai Lomba Pop Keroncong yang diadakan oleh Persatuan Keroncong Indonesia dan Lomba yang diadakan Geronimo/pimp Anton issoedibjo. Tahun.1983, Maya sudah aktif di Bina Vocalia RRI yang diasuh oleh Yan Berlin Panjaitan dari situlah Maya mencoba keberuntungannya mengikuti test di TVRI dan mensyukuri karena menurutnya dari 94 peserta yang diterima hanya 24 orang termasuk dirinya Dewi Suseno, Etrie Jayanthie adalah diantaranya.

Berkat pemunculannya di berbagai acara Telivisi lambat laun sosoknya sudah mulai di intip, sehingga seorang tetangganya yang juga seorang penyanyi ternama 'Kicky AB' merekomondasikan ke seorang produser Cipto Record (pak Cipto) dan mengAmini setelah mendengar contoh demo suara Maya membawakan lagu dari Christine Panjaitan/Burung- Burung Putih & Iis Sugianto/Bunga Sedap Malam. Tidak terlalu lama RR.Maya Suryaningsih masuk dalam lingkungan musik yang diimpikannya saat sang komposer A Riyanto memberikan lagu berjudul 'Emansipasi Wanita' sebagai debut awalnya menyapa pencintanya dan lewat A Riyanto pula nama Maya ditasbihkan menggunakan 'Angela' dibelakang namanya karena menurut sang komposer selain bertubuh 'imut' si 'Maya Angela' ibarat Malaikat yang datang di dua kubu yang baik untuk 'hoky' dan terbaik dari keberuntungan sang Produser maupun sang pencipta lagunya.

Benar saja pemunculan perdanya disambut dengan gegap gempita menambah 'satu' lagi penyanyi melankolik, selang satu tahun Maya kembali hadir lewat persembahan ke 2-nya 'Pilih Aku Atau Dia/cipt.Harry Van Hope' adalah prestasi yang mengukir dipeta musik untuk dicatatat sbg album yang bernilai saat dimasa karirnya dan meraih bonus Rumah. Berturut2 Maya hampir satu tahun menyelesaikan 2 album sekaligus dan semuanya selalu ditunggu kehadirannya yang sudah kadung dicinta 'Tetes-Tetes Air Mata/cipt.Muchlas Adi Putra, Apa Mungkin Hujan Turun Sendiri/cipt Rinto Harahap, Jatuh Hati/cipt.Pance, Takdir/Benny Ashar, Bangku Tua/cipt.Benny Ashar, Kecewa/ cipt.Jeffry Bule, dll.

Album Maya Angela luar biasa masih ditunggu pencintanya dan sepertinya Maya merasa tidak bermasalah dengan siapapun yang memberi lagu maka dia cepat pulak menangkap dan tidak pernah protes bahwa siapapun penciptanya dia akan menyanyikan dengan memakai 'hati' bukan menggunakan 'emosi', lihatlah dengan siapapun Maya bernyanyi lagu inipun meledak sperti 'Kau Tercipta Dari Tulang Rusukku/cipt.Benny Ashar & Memory Yang Biru/cipt.Yonas Parera (feat.Muchlas Adi putra), Aku Pilih Dirmu/cipt.Harry Van Hove & Kau Dan Aku Satu Rindu/cipt.Dadang S (feat Harry Van Hove), Kerinduan/cipt.Yasir Syam (feat.Endang S taurina).

Imbas dari pemboikotan lagu-lagu cengeng di masa Orde Baru menteri Penerangan ‘Harmoko, Album Maya Angela berjudul 'Aku Tiada Berdaya/cipt.Benny Ashar' merasakan benar-benar ‘Tiada Berdaya’ tanpa publikasi di Televisi maupun di Radio membuat albumnya sambil lewat saja.  Maya Angela menimpali ‘apabila pelarangan tersebut masyarakat menganggap sebuah kebaikan, saya merasa tidak menjadikan masalah karena saya hanya seorang penyanyi menurut saja yang terbaik buat Musik Indonesia’.

Kini Maya Angela masih terlihat wara-wiri masih muncul di event Off Air di luar kota dan sesekali memenuhi undangan tamu privasi dari pejabat maupun muncul di acara2 Tembang Kenangan, Zona Memori dll.  Maya adalah salah satu penyanyi yang aktif dikegiatan organisasi PAPPRI dan KOPSI yang baru saja membuat pagelaran spektakuler di Bandung dalam mengapresiasikan sang Legenda Musik Rinto Harahap yang rencananya di gelar di 5 kota. Maya Angela, dalam dekat ini akan melempar album Rekaman Religi Islam dan terlibat di album kompilasi ACILA (Ajang Lomba Cipta Lagu Anak) 2014,

Maya memohon do'a dan support dari pencintanya di seluruh Nusantara semoga apa yang diinginkan semuanya dilancarkan dan mendapat izin dari Allah SWT, sang maha kuasa dari segala isi alam ini...Amin







1 komentar: